Sunday, August 10, 2014

Prosedur Pemesanan dan Pembelian Barang

Pembelian Barang

Prosedur yang harus di lakukan :
  • Tentuksn dokumen pendukung pembelian seperti ( Purchase requesition,Purchase order, Market list ) untuk masing-masing jenis pembelian
  • Tentukan jumlah supplier untuk menetapkan harga atau tender yang di tawarkan kepada perusahaan untuk di seleksi oleh General Manager ( maksimal tiga supplier )
  • Daftar supplier dan barang serta harga harus selalu diperbeharui setiap bulan
  • Seluruh supplier  yang menawarkan barangnya ke hotel harus diseleksi dengan ketat terutama untuk supplier yang tidak termasuk kedalam global purchasing
  • Semua purchase order harus ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang
  • Untuk barang - barang direct seperti sayuran segar dan buah-buahan, purchasing bisa menggunakan form Market list untuk memesan barang kepada supplier
  • Purchasing dilarang untuk menerima barang supaya tidak terjadi konflik kepentingan antara Purchasing dengan supplier
  • Salinan Purchase Order diberikan kepada bagian Reeiving clerk, karena prosedur penerimaan barang harus sesuai dengan PO 
  • Dalam memesan orderan atau proses menawar barang, Purchasing harus berpedoman kepaada price list atau kontrak harga perjanjian dengan supplier.
Purchase Order
Purchase Order


 Demikian tugas dan prosedur seorang Purcahsing dalam proses memesan ,menawar dan membeli barang dari Supplier, mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan semua...terimakasih.



Judul: Prosedur Pemesanan dan Pembelian Barang
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Prosedur Pemesanan dan Pembelian Barang. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://belajarcostcontrol.blogspot.com/2014/08/prosedur-pemesanan-dan-pembelian-barang.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment