Saturday, January 2, 2016

Financial Chart Of Account



Setelah saya menjelaskan mengenai  Cost control pre opening maka selanjutnya tugas lain dari seorang cost control yang sangat penting ketika pada saat menjalankan Stock taking yaitu penempatan dan pengalokasian semua biaya dengan cara mengetahui tentang pos atau lokasi biaya atau disebut juga dengan Chart Of Account ( COA )

Dengan mengetahui pengalokasian biaya yang sesuai dengan tempatnya masing - masing sesuai standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan maka akan lebih mudah bagi  financial controller dalam membuat laporan keuangan..

Chart of Account di buat untuk memudahkan penggunanya sehingga banyak jenis dan beragam macamnya sesuai dengan jenis perusahaan masing - masing, karena Chart of account perusahaan dagang dan perusahaan jasa tentunya berbeda tetapi fungsinya sama yaitu untuk mengalokasikan semua biaya - biaya  serta transaksi - transaksi laporan keuangan lainnya di dalam perusahaan.

List Chart Of Account

Di dalam Tabel Chart of Account terdapat beberapa bagian list atau kolom seperti :

Nomor Chart Of Account : berisi nomor yang sudah ditetapkan sebagai lokasi  penempatan semua transakasi, nomor bisa di buat sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan yang bersangkutan  

Description atau keterangan dari jenis transaksi yang sudah disesuaikan dengan nomornya 

Account type :  jenis account dari jenis laporan keuangan ( Balance sheet atau Income statement )

Kolom Debit / Kredit : untuk menempatkan semua transaksi dalam  journal laporan keuangan apakah di tempatkan sebagai sisi Debit atau Kredit  

Sample Chart Of Account 

Pada kesempatan ini saya akan memberikan sample atau contoh Chart Of Account dari sebuah perusahaan jasa perhotelan, yang nantinya bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan di perusahaan Anda masing - masing.

Anda bisa chek juga Fungsi dari Chart of Account ini pada sebuah Aplikasi Akuntansi yang bisa memberikan informasi tentang alokasi dari seluruh transaksi keuangan di suatu perusahaan seperti pada contoh gambar di bawah ini :  
Aplikasi Akuntansi Excel
Chart Of Account Aplikasi Akuntansi


Silahkan Download  Sample Financial Chart Of Account  untuk Anda dengan cara Klik link Downloadnya...!

Download Chart Of Account


Judul: Financial Chart Of Account
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Financial Chart Of Account. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://belajarcostcontrol.blogspot.com/2016/01/financial-chart-of-account.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment